SOAL LATIHAN MR07
1. Manajemen didefinisikan sebagai seni dan ilmu untuk mencapai tujuan organisasi melalui proses:
= Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian
2. Menurut Peter Drucker, manajemen adalah proses:
= Pengambilan keputusan yang sistematis untuk menciptakan nilai
3. Salah satu karakteristik manajemen adalah:
= Berbasis keputusan menggunakan data dan analisis
4 . Manajemen puncak bertanggung jawab atas
= Perumusan visi, misi, dan strategi jangka panjang
5.Prinsip manajemen menurut Henry Fayol yang menyatakan bahwa setiap karyawan hanya menerima perintah dari satu atasan disebut:
= Otoritas dan tanggung jawab
6. Fungsi perencanaan dalam manajemen meliputi:
= Identifikasi tujuan dengan kriteria SMART
7. Dalam fungsi pengorganisasian, manajer harus:
= Mengatur sumber daya manusia dan material
8.Gaya kepemimpinan transformasional lebih efektif dalam fungsi:
= Pengarahan
9.Fungsi Pengendalian dalam Manajemen
= Analisis penyimpangan kinerja dan tindakan korektif
10. Organisasi didefinisikan sebagai:
= Sistem sosial dengan struktur formal untuk mencapai tujuan bersama
11.Salah satu karakteristik organisasi adalah:
= Memiliki struktur formal dan hierarki yang jelas.
12. Struktur organisasi fungsional cocok untuk:
= Perusahaan dengan spesialisasi tinggi dalam fungsi tertentu.
13. Kelemahan utama struktur matriks adalah:
= Manajemen Lini Pertama: Mengawasi dan mengarahkan pekerja operasional dalam tugas sehari-hari. Contoh: Supervisor lapangan yang memimpin tim konstruksi dalam kegiatan harian di lokasi proyek
+Masyarakat : Melibatkan masyarakat lokal dalam proyek perencanaan untuk mengurangi dampak
3.Apa yang dimaksud dengan Creating Shared Value (CSV)? Bagaimana CSV berbeda dari CSR tradisional
=CSR: Menekankan tanggung jawab sosial perusahaan dan sering kali bersifat reaktif, di mana perusahaan melakukan kegiatan sosial sebagai bentuk tanggung jawab.
4. Jelaskan konsep Triple Bottom Line (TBL) dan bagaimana perusahaan dapat mengukur kinerja mereka berdasarkan TBL
= Triple Bottom Line (TBL) adalah konsep yang menekankan bahwa kinerja perusahaan diukur tidak hanya oleh keuangan (laba), tetapi juga oleh dampak sosialnya (orang) dan lingkungan (planet). Pendekatan ini diperkenalkan oleh John Elkington pada tahun 1999 dan bertujuan untuk menjalankan perusahaan secara berkelanjutan dan bertanggung jawab atas semua yang terlibat, bukan hanya pemegang saham.
5. Apa yang dimaksud dengan Social License to Operate (SLO)? Mengapa SLO penting bagi keberhasilan perusahaan?
= Lisensi Sosial untuk Beroperasi (SLO) mengacu pada penerimaan dan persetujuan berkelanjutan yang diterima perusahaan dari masyarakat dan pemangku kepentingan setempat atas operasinya
6. Sebutkan dan jelaskan minimal tiga dimensi aspek sosial kemasyarakatan. Berikan contoh bagaimana perusahaan dapat mengelola setiap dimensi tersebut.
= Kesejahteraan Ekonomi
Contoh: Perekrutan Tenaga Kerja Lokal
= Kesehatan dan Kesejahteraan
Contoh: Program Kesehatan Masyarakat
= Lingkungan dan Keberlanjutan
Contoh : Praktik Ramah Lingkungan
7.Jelaskan bagaimana kerangka hukum dan regulasi di Indonesia mengatur aspek sosial kemasyarakatan dalam bisnis.
=Kerangka kerja hukum dan peraturan Indonesia mengatur aspek sosial perusahaan melalui berbagai undang -undang dan peraturan, khususnya undang -undang dan peraturan yang berkaitan dengan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Misalnya, 2007 Nomor Legal
8. Apa saja faktor yang memengaruhi hubungan antara manajemen dan organisasi, dan bagaimana budaya organisasi dapat mendukung manajemen yang efektif?
= Sumber Daya Manusia: Kualitas, keterampilan, dan motivasi karyawan serta efektivitas kepemimpinan sangat memengaruhi keberhasilan manajemen dalam organisasi.
Lingkungan Eksterna l: Kondisi ekonomi, kebijakan pemerintah, persaingan, dan perkembangan teknologi dapat memaksa manajemen untuk menyesuaikan strategi dan operasional organisasi.
Perencanaan dan Pengorganisasian : Proses perencanaan yang baik serta pengorganisasian yang efektif membantu organisasi mencapai tujuan dengan efisiensi.
Komunikasi: Komunikasi yang efektif memastikan informasi dan instruksi tersampaikan dengan jelas, memfasilitasi kolaborasi, dan mengurangi kesalahpahaman.
9. Identifikasi tiga tantangan utama dalam menerapkan struktur organisasi tim, dan usulkan solusi untuk masing-masing tantangan.
= Kompleksitas Komunikasi dan Koordinasi
10. Jelaskan bagaimana manajemen dan organisasi dapat mendukung adaptasi terhadap perubahan dalam proyek, dengan memberikan contoh kasus kenaikan biaya material.
= Perencanaan dan Pengelolaan Perubahan yang Sistematis
Contoh soal (2) :
1.Bagaimana manajer proyek dapat mengatasi konflik akibat pelaporan ganda dalam struktur matriks
= Manajer proyek dan kepala bagian/departemen harus secara aktif berkomunikasi dan menyelaraskan tujuan proyek serta prioritas tugas agar tidak terjadi panduan yang bertentangan kepada anggota tim.
2. Jelaskan langkah-langkah fungsi pengendalian yang dapat diterapkan untuk mengatasi pembengkakan anggaran.
= Melakukan pemantauan berkala dan transparan terhadap pengeluaran aktual dibandingkan dengan anggaran, menggunakan alat bantu manajemen proyek atau perangkat lunak ERP untuk mendeteksi penyimpangan sejak din.
3. Jika proyek mengalami keterlambatan 1 bulan, bagaimana manajemen dan organisasi dapat menyesuaikan rencana untuk tetap memenuhi tujuan?
= Identifikasi dan dokumentasikan secara rinci penyebab keterlambatan untuk menentukan apakah disebabkan oleh faktor internal atau eksternal.Gunakan data ini sebagai dasar untuk negosiasi perpanjangan waktu atau penyesuaian kontrak jika diperlukan
Komentar
Posting Komentar